PENGERTIAN
Alinea bukanlah suatu pembagian secara konvensional dari suatu bab yang terdiri atas kalimat-kalimat. Alinea tidak lain adalah suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan yang lebih tinggi atau lebih luas dari kalimat. Alinea merupakan himpunan yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.
Oleh karena itu, pembentukan sebuah alinea sekurang-kurangnya mempunyai tujuan :
1) Memudahkan pengertian dan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain
2) Meningkatkan konsentrasi terhadap tema alinea dengan memisahkan dan menegaskan perhatian secara wajar dan formal pada akhir kalimat
SYARAT-SYARAT PEMBENTUKAN ALINEA
Alinea yang baik dan efektif harus memenuhi syarat berikut :
1) Kesatuan : Semua kalimat yang mendukun alinea itu secara bersama-sama mendukung satu ide
2) Koherensi : Kekompakan hubungan antara satu kalimat dengan kalimat lain yang membentuk alinea tersebut
3) Pengembangan : Pengembangan ide/gagasan dengan menggunakan kalimat-kalimat pendukung
4) Efektif : Disusun dengan menggunakan kalimat efektif sehingga ide bias diuraikan dengan tepat
POLA PENGEMBANGAN ALINEA
Berdasarkan letak kalimat utamanya, alinea terbagi menjadi :
a. Alinea Deduktif : Kalimat utamanya terdapat pada bagian awal kalimat
b. Alinea Induktif : Kalimat utamanya terdapat pada bagian akhir kalimat
c. Alinea Campuran : Kalimat utamanya terletak di awal dan ditegaskan kembali pada bagian akhir
d. Alinea Diskriptif : Kalimat utama yang tersirat pada seluruh kalimat di paragraph tersebut
PERUBAHAN MAKNA
1. Pengertian Dalam perkembangan penggunaannya, kata sering mengalami perubahan makna. Perubahan tersebut terjadi karena pergeseran konotasi, rentang masa penggunaan, jarak, dan lain-lain. Namun yang jelas, perubahan-perubahan tersebut ada bermacam-macam yaitu: menyempit, meluas, amelioratif, peyoratif, dan asosiasi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan dibawah ini :
2. Macam-macam Perubahan Makna
A. Menyempit/spesialisasi
Kata yang tergolong kedalam perubahan makna ini adalah kata yang pada awal penggunaannya bisa dipakai untuk berbagai hal umum, tetapi penggunaannya saat ini hanya terbatas untuk satu keadaan saja.
B. Meluas/generalisasi
Penggunaan kata ini berkebalikan dengan pengertian menyempit.
C. Amelioratif
Pada awalnya, kata ini memiliki makna kurang baik, kurang positif, tidak menguntungkan, akan tetapi, pada akhirnya mengandung pengertian makna yang baik, positif, dan menguntungkan.
D. Peyoratif
Makna kata sekarang mengalami penurunan nilai rasa kata daripada makna kata pada awal pemakaiannya.
E. Asosiasi
Yang tergolong kedalam perubahan makna ini adalah kata-kata dengan makna-makna yang muncul karena persamaan sifat. Sering kita mendengar kalimat “hati-hati dengan tukang catut itu.”
Tukang catut dalam kalimat diatas tergolong kata-kata dengan makna asosiatif. Begitu pula dengan kata kacamata dalam : menurut kacamata saya, perbuatan anda tidak benar
F. Sinestesia
Perubahan makna terjadi karena pertukaran tanggapan antara dua indera, misalnya dari indera pengecap ke indera penglihatan.
1. MENDENGARKAN MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Indikator:
Mencatat pokok-pokok isi laporan
Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
Menentukan kalimat yang berupa fakta
Menentukan kalimat yang berupa opini
Mengemukakan kritik isi laporan
Memberikan saran untuk perbaikan laporan
Mengemukakan kritik isi laporan
Memberikan saran untuk perbaikan laporan
Materi:
Laporan kegiatan OSIS
Laporan kegiatan ekstrakurikuler
Laporan perjalanan (studi wisata ke Bali)
2. BERBICARA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Indikator:
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicaraMengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman
Materi:
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
Ungkapan persetujuan atau penolakan
penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.
Buku nonfiksi
Intisari buku
Penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
Hal-hal yang menarik dalam buku
Memberikan komentar
3. MEMBACA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat.
Indikator:
Menemukan ide pokok tiap paragraf
Menemukan kalimat pendukung ide pokok
Menemukan masalah dalam artikel
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
Mengidentifikasi kalimat majemuk
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pembacaan teks pidato
Materi:
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
ide pokok
Masalah dalam artikel
Rangkuman artikel
Kalimat majemuk
pola kalimat : Naskah pidato
Cara membacakan naskah pidato
Cara menanggapi pembacaan teks pidato
4. MENULIS MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Indikator:
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
Menyusun surat lamaran pekerjaan
Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EYD
Mengidentifikasi struktur surat dinas
Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat
Menulis surat undangan
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi,dan bahasa
Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
Melengkapi laporan dengan lampiran
Mencatat identitas buku
Mendaftar pokok-pokok isi
Mencatat keunggulan dari isi buku
Mencatat kekurangan dari isi buku
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
Mendiskusikan resensi yang telah dibuat
Materi:
Contoh surat lamaran
unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
struktur surat lamaran pekerjaan
penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
Contoh surat dinas
unsur-unsur surat dinas
struktur surat dinas
penggunaan bahasa dalam surat dinas
penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
Contoh laporan diskusi
unsur-unsur laporan diskusi
Resensi buku pengetahuan (nonfiksi)
unsur-unsur resensi antara lain:
1.identitas buku
2.isi yang penting/menarik
3.bahasa pengarang
4.keunggulan
5.kelemahan
6.kesimpulan
5. MENDENGARKAN MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
Indikator:
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman
Materi:
Penggalan novel
penangapan segi vokal
intonasi
penghayatan
Penggalan novel
6. BERBICARA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Indikator:
Mendeklamasikan/ membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari
Materi:
puisi lama (pantun)
penanggapan pembacaan puisi dari segi:
1. lafal
2. intonasi
3. ekspresi
Puisi baru
Mengomentari pembacaan puisi dari segi
1.lafal
2.intonasi
3.ekspresi
7. MEMBACA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Indikator:
Menandai jeda puisi karya sendiri
Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
1. lafal dan intonasi
2. penghayatan
3. mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
Menentukan makna puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman
Materi:
Puisi karya sendiri :
tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
makna puisi
Langkah-langkah menulis puisi
Teknik Pembacaan Puisi yang Baik
Instrumen pengamatan pembacaan puisi (format penilaian)
Cerpen
Unsur-unsur intrinsik cerpen :
tema,
latar (setting),
alur = plot (jalinan cerita),
point of view (sudut pandang pengarang)
penokohan/karakterisasi
amamat
8. MENULIS MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
Indikator:
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
Menanggapi cerpen yang ditulis teman
Materi:
buku kumpulan cerpen
unsur-unsur resensi
identitas buku
kepengarangan
kekurangan dan kelebihan isi buku
bahasa pengarang, dll buku
topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar